Kebiasaan Menekan Tombol Refresh F5

Kebiasaan Menekan Tombol Refresh F5

Monday, March 17, 2014
Kebiasaan Menekan tombol F5/REFRESH berulang-ulang bukan bikin RAM makin lega tapi malah bikin RAM NYESEK. *Apa Sebenarnya fungsi “Refresh” di Windows? Apa yang kalian ketahui dari fungsi opsi “Refresh” ini?, apakah dengan meng-refresh Windows akan berjalan lancar? Apakah akan membuat windows Ente menjadi lebi cepat? Atau mungkin kalian fikir akan menghapus memori komputer ente atau me-refresh RAM? Hmm… tidak satupun benar.
Kebanyakan pengguna komputer terutama komputer dengan Operating System keluaran Windows pernah atau bahkan sering menekan tombol Tombol Klik Kanan lalu klik Refresh pada Desktop atau menggunakan tombol shortcut-nya pada keyboard yaitu tombol fungsi F5, dengan maksud agar komputer lebih cepat bekerja, sehingga hal ini menjadi kebiasaan dimanapun dan pada komputer siapapun akan melakukan hal yang sama.

Perlu diketahui refresh pada desktop berbeda dengan refresh page atau reload page pada browser. Kadangkala karena lalu lintas internet yang padat, ada halaman internet yang tidak dapat dimuat secara sempurna. Fungsi refresh pada browser ini adalah untuk memuat kembali halaman yang gagal dimuat sebelumnya. Sedangkan, refresh pada desktop memiliki fungsi yang berbeda dengan tombol refresh yang terdapat di dalam browser.

Kebanyakan pengguna komputer baru atau awam,  pada awalnya meyakini bahwa tombol refresh berfungsi untuk meng-update atau memperbaharui kondisi siaga (idle) komputer setelah terjadi perubahan dan menghapus perintah sebelumnya dari RAM, sehingga komputer yang kita gunakan akan berjalan dengan lebih lancar dan lebih cepat. Namun, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, ternyata merupakan mitos semata. *Kenapa Desktop harus di Refresh? Mengapa ada orang yang suka me-refresh Desktop terus-menerus? Kita mungkin sering memperhatikan ada pengguna komputer yang suka mengklik kanan mouse dan mengklik opsi “refresh” terus menerus, mungkin ini sudah menjadi kebiasaan atau hanya meniru? untuk me-refresh desktop terus-menerus. Kalian mungkin juga memperhatikan terutama dikalangan teknisi komputer atau pakar IT yang terobsesi dengan menggunakan pilihan “Refresh”. Yang mengkhawatirkan dari mereka,

mungkin karena mereka tidak tahu alasan sebenarnya mengapa mereka menekan tombol ini. Parahnya lagi, mereka yang memiliki alasan kuat mengapa mereka menekan tombol ini justru meyakini mitos yang salah tentang fungsi tombol refresh tersebut. Apa alasannya? Tidak ada dan tidak ada alasan untuk melakukannya, ini hanya kebiasaan yang konyol. Kita mungkin perlu untuk merefresh (menyegarkan) desktop windows dalam situasi berikut:
1. Desktop tidak menampilkan file atau folder yang baru saja kita buat, pindah, hapus, simpan atau diganti namanya.
2. Kita perlu untuk menyelaraskan ikon di desktop.
3. Kita menemukan ada ikon yang tidak bisa digunakan (diklik)
 4. Fileyang dibuat oleh aplikasi pihak ke-3 tidak muncul.
5. Dan situasi yang sama seperti di mana isi dari desktop atau folder tersebut tidak berubah bila diharapkan. 6. Banyaknya Icon dan File yang berserakan di Desktop
7. Ukuran Wallpaper yang melebihi ukuran Display
8. Icon Hang atau Tidak muncul di Dekstop karena Cache tidak merespon.

 Untuk memperbaiki seperti situasi diatas, dapat diperbaiki dgn cara menekan tombol F5 ataupun klik kanan mouse dan pilih opsi “Refresh”. Secara manual menyegarkan desktop atau folder dapat menyusun isi dari urutan pertama folder, kemudian susun file2 dalam urutan abjad. Hasilnya lebih rapi gak gan, Kadangkala bila ente melakukan perubahan pada shortcut di desktop, perubahan tersebut tidak ditampilkan secara instan. Pada kasus ini, barulah ente perlu untuk melakukan refresh pada desktop ente untuk menampilkan perubahan yang telah dilakukan di desktop. Contohnya, ente telah mengatur shortcut di desktop agar namanya sesuai dengan urutan abjad.

Saat  menambahkan shortcut baru pada desktop, shortcut baru tersebut tidak akan langsung tersortir sesuai urutan abjad, tetapi akan berada di bagian paling bawah daftar shortcut. Jika ente menekan tombol refresh desktop, semua shortcut akan diatur ulang kembali dan shortcut yang baru tersebut akan menempati posisinya sesuai abjadnya. Ini adalah fungsi tombol refresh desktop yang sebenarnya. Selain itu, refresh juga punya fungsi yang sama pada Windows Explorer. Jadi,

bila punya kebiasaan melakukan Kebiasaan Menekan Tombol Refresh F5 pada desktop ente berkali-kali tanpa mengetahui maksud dan fungsi sebenarnya tombol ini, maka ente sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut. Karena ente hanya membuang waktu dan perhatian ente untuk melakukan pekerjaan yang sebenarnya sia-sia. Apabila hal diatas terjadi, kamu dapat melakukan Restart Komputer atau melakukan Refresh, tentu saja lebih mudah menjalankan Refresh. *STOP! kebiasaan Menekan tombol F5/REFRESH berulang-ulang bukan bikin RAM makin lega malah bikin RAM NYESEK* Sebaiknya jangan melakukan Refresh menggunakan Tombol F5 berkali-kali, karena akan membuat CPU Usage menjadi tinggi. Untuk membuktikan Teori diatas, Kamu dapat melakukan percobaannya sendiri.

 1. Pertama, Kamu masuk ke Task Manager, (Tekan "CTRL + Alt + Del", lalu pilih Task Manager).
 2. Kemudian pilih Tab "Performance" lalu perhatikan CPU Usage-nya. Dalam keadaan belum di Refresh.
3. Sekarang, Coba lakukan Refresh berulangkali secara cepat menggunakan Tombol F5 di Posisi Mouse berada di Desktop. Dengan seketika CPU Usage meningkat menjadi lebih besar. Kesimpulan: Jika ingin melakukan Refresh cukup sesekali saja dan tidak perlu berlebihan.

Semoga bermanfaat source: Kaskus