SRAM jenis Dan Fungsi nya

SRAM jenis Dan Fungsi nya

Thursday, March 6, 2014
SRAM (Static random access memory)- artikel berikut ini merupakan artikel lanjutan dari artikel yang sebelumnya artikel yang membahas tentang Fungsi ram Dan pengertian nya.adapun isi dari artikel berikut ini merujuk pada Tulisan Sebuah artikel dari blog yang saya rasa cukup dengan jelas menjelaskan tentang apa itu SRAM jenis dan Fungsi nya..oke Kita langsung saja masuk ke pembahasan utama nya yang sesuai dengan judul artikel nya yaitu SRAM jenis Dan Fungsi nya.


Static Random-Access Memory (SRAM)
SRAM menggunakan ‘bistable flip-flops’ untuk menyimpan data dalam bit. Setelah ditulis dalam SRAM, data akan disimpan dan tidak harus di-refresh sesering jenis RAM yang lain.
Ada tiga modus di mana sel, yang menyimpan data dalam SRAM, beroperasi: Standby, Reading, dan Writing.
Tidak seperti DRAM, SRAM tidak mengkonsumsi daya dalam jumlah besar.
Jenis Static Random-Access Memory
Berdasarkan pada Data Storage
- Non-volatile SRAM: Data disimpan, bahkan ketika daya dimatikan, sehingga informasi penting tetap aman.
- SRAM asynchronous: Data disimpan di kisaran 4KB hingga 64 Mb. Waktu akses yang cepat merupakan karakteristik utama dari SRAM Asynchronous sehingga digunakan sebagai komponen memori utama di berbagai perangkat elektronik.

Seperti pembahasan sebelum nya yang membahas artikel tentang Fungsi ram Dan pengertian nya.
Di jelaskan bahwa Ram Tipe Dram Itu bisa di katakan Ram Dengan Tipe volatile atau dengan pengertian bahwa apapun aktifitas yang di lakukan oleh jenis ram tipe tersebut akan berakhir bilamana aktifitas komputer di matikan alias di shutdown dan dengan otomatis power mati.secara singkat nya bawah Ram dengan tipe dan jenis Dram tidak akan menyimpan apapun bila power mati
Berbeda dengan DRAM yang tidak menyimpan apapun ketika power di matikan
SRAM malah akan menyimpan semua aktifitas itu bila power di matikan -Non Volatile


Berdasarkan pada Transistor - Bipolar Junction Transistor: RAM jenis ini digunakan pada perangkat Transistor-Transistor Logic (TTL) dan Emittor-Coupled Logic (ECL). RAM ini mengkonsumsi lebih banyak daya, tetapi bekerja sangat cepat.
- Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor (MOSFET): RAM ini digunakan dalam teknologi berbasis Complementary metal-oxide-semiconductor (CMOS).
Berdasarkan pada Fitur
- Quad Data Rate SRAM: Dalam satu ‘clock cycle’ dua jenis data ditransfer. I/O bus yang berbeda (jaringan yang menghubungkan semua perangkat dan chip dalam komputer) digunakan untuk membaca dan menulis data.
- DDR SRAM: I/O bus yang sama digunakan untuk transfer data dan ‘single clock’ digunakan untuk mengontrol input dan output data.
Penggunaan Static Random-Access Memory
Berikut adalah berbagai perangkat elektronik yang menggunakan SRAM
- Komputer
- Mikroprosesor
- Digital Signal Processing (DSP) sirkuit
- Layar LCD dan printer
- Hard disk dan buffer router
- Kamera digital
- Synthesizer
- Ponsel

Link referensi Di ambil Dari blog :
http://www.amazine.co/187/ada-berapa-jenis-static-random-access-memory-sram/