Tips Mengatasi Demam yang Tepat Ala SehatQ.com -->

Tips Mengatasi Demam yang Tepat Ala SehatQ.com

Sabtu, 05 Desember 2020


atasi demam


Di masa pandemi seperti saat ini, sangat riskan sekali jika Anda mengalami demam. Apalagi demam tersebut disertai dengan batuk-batuk. Bisa saja orang lain menganggap Anda terkena Covid-19. 


Makanya, ada baiknya Anda pelajari tips mengatasi demam yang tepat dari SehatQ.com. Dengan cara ini, diharapkan demam bisa segera turun dan Anda tidak dianggap terkena virus Covid-19.


Cara Meredakan Demam Tanpa Harus ke Dokter


Demam sebenarnya bukan masalah kesehatan yang serius. Akan tetapi, selama masa pandemi ini, banyak yang sangat khawatir. Pasalnya, salah satu tanda orang terinfeksi virus Corona adalah demam.


Untuk itu, jika Anda demam, pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan lakukan perawatan serta pengobatan sendiri. Bagaimana caranya?


1. Banyak Mengkonsumsi Makanan Bergizi 


Pada dasarnya, saat Anda demam, itu adalah reaksi tubuh yang sedang berperan menyerang mikroba tertentu. Makanya, Anda harus ikut berpartisipasi agar sistem kekebalan tubuh menang melawan microba penyebab demam.


Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mensupport tubuh agar selalu dalam kondisi fit. Makanya, Anda perlu makan makanan yang bergizi. Sangat disarankan agar Anda makan makanan yang mengandung tinggi protein. Ini sangat baik untuk menguatkan tubuh dan juga sistem kekebalan.


2. Istirahat 


Saat demam, Anda tidak boleh memforsir. Karena tubuh butuh kekuatan untuk melawan mikroba yang menyebabkan demam. Jadi, selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, tubuh juga harus diistirahatkan.


Anda tidak perlu tidur. Yang terpenting, Anda istirahat total. Anda bisa tiduran atau duduk santai di rumah.


3. Minum Ibuprofen


Untuk membantu menurunkan demam, Anda bisa mengkonsumsi obat Ibuprofen. Ini termasuk obat yang ada di direktori obat di website SehatQ.com. 



Mungkin Anda sering dengar obat paracetamol. Sebenarnya, keduanya sangat manjur untuk mengatasi demam. Hanya saja ada kelebihan Ibuprofen, yaitu mengatasi peradangan. 
Selain itu, menurut ahli obat, Ibuprofen itu mampu mengatasi demam dari akar penyebabnya. 

Tidak seperti paracetamol yang hanya bisa digunakan untuk menurunkan demam saja. Makanya, beberapa dokter menyarankan untuk mengkonsumsi Ibuprofen saat demam daripada paracetamol.


4. Mandi Air Hangat

Ada yang bilang saat demam itu dilarang mandi. Itu salah besar. Justru, saat Anda demam, Anda harus mandi. Hanya saja, Anda sebaiknya menggunakan air hangat. Mandi dengan air hangat bisa menyeimbangkan suhu di luar dengan suhu di dalam tubuh. Dengan cara ini, maka suhu tubuh di dalam yang begitu tinggi akan turun.


Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat sedang demam. Mudah, bukan?


Bolehkah Ibuprofen Diminum Anak-Anak?


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Ibuprofen ada di direktori obat SehatQ.com. Dan ini obat yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat demam. Lalu, ada pertanyaan. Apakah anak-anak bisa minum obat yang satu ini?


Menurut dokter, Ibuprofen sangat aman untuk siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Bahkan, bayi yang usianya sudah 6 bulan juga boleh. Hanya saja, takaran atau dosisnya saja yang berbeda. Untuk anak usia 6 bulan hingga 11 tahun, Ibuprofen bisa diberikan 10 mg/kg setiap 4-6 jam. Sementara itu, untuk remaja dan dewasa, dosisnya 400 mg setiap 4-6 jam. 


Ibuprofen ini termasuk obat yang bisa Anda dapatkan tanpa resep dari dokter. Jadi, saat Anda atau anggota keluarga Anda demam, Anda bisa memesan Ibuprofen dari www.sehatq.com. Akan tetapi, Anda tidak boleh hanya mengandalkan obat saja. Anda juga perlu menerapkan beberapa tips tersebut di atas agar demam benar-benar bisa segera disembuhkan.